MASIGNASUKAv101
513548225817861431

Apakah Kucing Dapat Memahami Perasaan Manusia?

Apakah Kucing Dapat Memahami Perasaan Manusia?
Add Comments
22/04/22


Kucing merupakan hewan yang dekat kehidupannya dengan manusia. Sebagai hewan yang dijadikan perliharaan, kucing juga memiliki perasaan senang, stres, sedih, bahkan cemburu. John Bradshaw, penulis buku Cat Sense (2013), berkata kepada Scientific American dalam sebuah interview, "Kucing secara alami merasakan kasih sayang dari orang yang memberikan mereka makan, merawat, dan bermain dengan mereka, meskipun kucing tidak selalu menunjukkannya secara jelas."

Mungkin terasa aneh, berbicara dengan kucing adalah cara yang dilakukan oleh pencinta kucing untuk mencurahkan isi hatinya. Apalagi ketika baru pulang dari aktivitas seharian dengan rasa capek, belum lagi mengalami hari yang buruk dan susasana hati yang menyedihkan, yang dicari ketika pulang ke rumah adalah si makhluk berbulu tersebut.

Berbicara dengan kucing adalah cara yang aman untuk curhat, sebab tentunya cerita yang kita sampaikan tidak akan tersebar. Namun, yang jadi pertanyaannya adalah, apakah kucing dapat memahami perasaan manusia? Apakah naluri kucing dapat menerjemahkan apa yang dialami manusia?
Doc. image by Unsplash/V. Ivanov
Kucing mengenali perasaan
Meskipun kucing kadang disebut sebagai hewan peliharaan yang cuek dan suka menyendiri, namun ternyata mereka dapat memahami perasaan manusia. Seorang dokter hewan bernama Dr. Sara Ochoa mengatakan bahwa, "Seekor kucing atau hewan peliharaan apapun tahu ketika Anda sedang sedih," ungkapnya seperti dikutip dari Romper.

Bahkan kucing juga menyadari perubahan perilaku kita. "Mereka merasakan perubahan perilaku Anda, dan tahu kalau Anda sedang kesal," ujar Dr. Sara. Beberapa kucing juga mencoba menghibur tuannya dengan caranya sendiri, seperti berbaring di pangkuan tuannya, menempelkan badannya, mendengkur, dan lain-lain.

Akan tetapi, untuk memastikan bahwa kucing kita dapat mengerti apa yang sedang kita rasakan adalah dengan mengamatinya dari waktu ke waktu. "Jika kucing Anda datang terus-menerus ketika Anda sedang sedih, mungkin kucing Anda menyadari perubahan suasana hati Anda," kata Shadi Delshad, ahli perilaku hewan.
Doc. image by Unsplash/Chunli Ju
Cara kucing mengenali perasaan
Moriah Galvan dan Jennifer Vonk dari Universitas Oakland melakukan penelitian dengan mengamati 12 kucing dan pemilik mereka. Hasilnya, kucing menunjukkan sikap yang berbeda ketika gestur wajah pemiliknya bahagia dan marah. 

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Animal Cognition ini menunjukkan bahwa ketika si pemilik menunjukkan ekspresi bahagia, semua kucing dalam penelitian itu memperlihatkan sikap positif, seperti mendengkur, menggesekkan badan, atau duduk di pangkuan pemiliknya masing-masing.

Selain itu, ke-12 kucing tersebut menunjukkan perilaku lebih positif dan tampak lebih ingin menghabiskan waktu bersama pemiliknya ketika pemiliknya dalam keadaan bahagia daripada cemberut. Temuan Galvan dan Vonk ini mengindikasikan bahwa kucing dapat memahami emosi manusia lewat ekspresi manusia. Namun tetap saja, pemilik kucing harus mempelajari tingkah laku kucing mereka dan membangun hubungan emosional lebih erat dengannya.

Gambar thumbnail: Unsplash/Raychan

Hamid Auni

Mahasiswa hukum yang tertarik dengan filsafat, psikologi, sejarah, dan bidang apa saja, kecuali matematika.

Rules Comment :

1. Dilarang Spam
2. Berkomentarlah yang baik
3. Dilarang menggunakan kata komentar dengan kata kasar atau sebagainya
4. Harap untuk tidak menyebarkan link yang membuat spam, rusuh. unsur porno, sara, dan sebangsanya
5. Komentar harus sesuai dengan isi artikel

*Jika ingin bertanya di luar topik, silahkan klik menu Off Topic