MASIGNASUKAv101
513548225817861431

Suku Buton, Pemilik Mata Biru Asli dari Indonesia

Suku Buton, Pemilik Mata Biru Asli dari Indonesia
Add Comments
20/12/21


   Suku Buton tinggal di kawasan Sulawesi Tenggara, tepatnya di kepulauan Buton. Sebagaimana suku di Sulawesi lainnya, suku Buton merupakan suku pelaut. Namun, secara fisik dapat dilihat ada yang berbeda dengan suku Buton yakni warna mata mereka yang biru cerah seperti orang Eropa.

Meski tidak semua orang Buton memiliki mata warna biru, namun tidak sedikit dari mereka yang bermata biru. Berawal dari postingan akun instagram @geo.rock888 yang mengunggah foto anak-anak suku Buton tahun 2020 silam, kemudian sukses menarik perhatian banyak orang. 

Terlihat kilau mata biru mereka, ada yang biru keduanya, dan ada pula yang berbeda yakni satu berwana biru dan satunya lagi cokelat. Timbul kemudian pertanyaan, apakah orang-orang suku Buton memiliki keturunan eropa atau ada sebab lain yang membuat mata mereka menjadi demikian?

Doc. image by Korchnoi Pasaribu
Faktor keturunan
Diketahui yang menyebabkan mata biru pada mayoritas suku Buton berasal dari nenek moyang mereka yang mengidap "Sindrom Waardenburg".Sindrom tersebut merupakan kelainan konginetal, yakni alami bawaan dari lahir dan tidak disebabkan oleh gaya hidup ataupun faktor perkembangan.

Sindrom Waardenburg merupakan kondisi langka di mana hanya menimpa sekitar 1 dari 40.000 orang. Hal itu disebabkan oleh kondisi mutasi satu atau beberapa gen atau bahasa ilmiahnya disebut baik pola autosomal dominan yaitu warisan satu salinan gen atau pola autosomal resesif yakni warisan kedua salinan gen. 

Memiliki dampak buruk
Melansir laman United States National Library of Medicine, sindrom ini menyebabkan gangguan pendengaran beberapa derajat, dan perubahan pigmentasi (warna) pada rambut, kulit, dan mata. Meskipun kebanyakan dari mereka dengan sindrom ini memiliki pendengaran normal, gangguan pendengaran dalam skala sedang hingga berat dapat terjadi pada satu atau kedua telinga.

Dikutip dari detik (6/10/2020), sang fotografer yakni Korchnoi Pasaribu sekaligus pemilik akun instagram @geo.rock888 mengungkapkan bahwa mata biru anak-anak suku Buton adalah bentuk kekurangan dan akan bereaksi jika terkena cahaya.

"Tidak ada keluhan terhadap mata mereka, hanya saja jika kelebihan cahaya akan mengeluarkan air mata," ungkap Korchnoi.

Doc. image by Korchnoi Pasaribu
Kekurangan yang menawan
Sindrom Waardenburg tidak dapat diobati dan bukan merupakan penyakit yang menular. Meskipun dianggap sebagai kekurangan, sindrom Waardenburg bisa dibilang sebagai kekurangan yang menawan. Sebab, terdapat keindahan dalam ketidaksempurnaannya sendiri.

Banyak orang mengagumi mata alami yang dimiliki oleh sebagian warga Buton, karena tidak seperti ras asia tenggara lainnya yang umumnya memiliki warna mata cenderung gelap. Kecantikan mata suku Buton melengkapi khazanah keragaman masyarakat Indonesia.

Zay A.

Mahasiswa hukum yang tertarik dengan filsafat, psikologi, sejarah, dan bidang apa saja, kecuali matematika.

Rules Comment :

1. Dilarang Spam
2. Berkomentarlah yang baik
3. Dilarang menggunakan kata komentar dengan kata kasar atau sebagainya
4. Harap untuk tidak menyebarkan link yang membuat spam, rusuh. unsur porno, sara, dan sebangsanya
5. Komentar harus sesuai dengan isi artikel

*Jika ingin bertanya di luar topik, silahkan klik menu Off Topic