MASIGNASUKAv101
513548225817861431

Sejarah Penghargaan Nobel: Wasiat dari Sang Penemu Dinamit

Sejarah Penghargaan Nobel: Wasiat dari Sang Penemu Dinamit
Add Comments
10/12/21


  Penghargaan Nobel diberikan kepada mereka yang telah terbukti memberikan kontribusi yang luar biasa kepada dunia. Penghargaan tersebut diklasifikasikan dalam lima jenis, yaitu bidang kedokteran, fisika, kimia, sastra, dan perdamaian. 

Kata "Nobel" disematkan kepada ilmuwan asal Swedia yang bernama Alfred Bernhard Nobel, penemu dinamit. Asal mula eksisnya penghargaan ini memang diinisiasi oleh Alfred Nobel. Sebelum menjelang kematiannya pada 10 Desember 1896, pemilik 355 paten ini menulis wasiat pada 27 November 1895, di Paris, agar mayoritas hartanya diberikan kepada siapa saja yang berjasa besar kepada kemanusiaan.

Dikutip dari laman The Nobel Peace Prize, total kekayaan yang sudah siap dihibahkan oleh Nobel yaitu 31.5 juta krona Swedia. Setelah 5 tahun wafatnya Alfred Nobel, barulah penghargaan Nobel bisa dianugerahkan untuk pertama kalinya. 
Doc. image by The Nobel Peace Prize
Sempat ditentang oleh pihak keluarga
Jeda waktu tersebut terjadi karena keluarga Nobel melayangkan gugatan hukum surat wasiat nobel ke pengadilan, sebab Nobel tidak memberitahu sebelumnya kepada keluarganya soal kekayaan yang akan dihibahkan. Bahkan, Raja Oscar II dari Swedia juga mendukung klaim kerabat Nobel.

Sengketa yang juga melibatkan pemerintah Swedia pada akhirnya setelah negosiasi yang rumit, pada 29 Juni 1900, Raja Oscar II menyetujui pendirian statuta Yayasan Nobel. Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahunnya pada 10 Desember, sesuai dengan tanggal kematian Alfred Nobel. Setidaknya, ada enam ilmuwan yang tercatat menjadi penerima Nobel pertama pada 1901.

Doc. image by Daily Mail
Ilmuwan pertama penerima Nobel
Wilhelm Conrad Röntgen tercatat sebagai orang pertama yang menerima penghargaan Nobel. Ilmuwan asal Jerman tersebut menerima Nobel untuk bidang fisika berkat penemuannya yakni sinar-X. Sinar-X adalah jenis sinar radiasi dan merupakan bentuk gelombang elektromagnetik. Disebut sebagai "X" sebagai simbol dalam matematika untuk kuantitas yang tidak diketahui.

Pada 22 Desember 1895, dengan alat eksperimennya, Röntgen berhasil menangkap gambar bayangan tangan kiri bagian dalam istrinya, Anna Bertha. Berkat penemuannya, radiasi sinar-X semakin berkembang waktu ke waktu dan sangat membantu para dokter hingga saat ini untuk melakukan pemeriksaan medis.

Doc. image by The Nobel Peace Prize
Hingga artikel ini ditulis, dalam kurun waktu 1901 sampai 2021, sebanyak 943 orang dan 25 organisasi telah menerima penghargaan Nobel untuk setiap bidangnya. Mereka menerima medali emas dan uang tunai sekitar 1.400.000 USD.

Penghargaan Nobel dianggap sebagai pengharagaan paling bergengsi di dunia. Namun, ada isu menarik mengapa Alfred Nobel rela mendistribusikan banyak hartanya untuk penciptaan hadiahnya dan tidak memberi tahu kepada publik alasannya secara pasti. 

Mengutip laman history, diyakini bahwa hal ini sebagai tebusan penyesalan moral atas temuan mematikannya yaitu peledak dinamit yang  mematikan dan banyak memakan korban di medan perang.

Image thumbnail: Print Collector/Getty

Hamid Auni

Mahasiswa hukum yang hidup berkelana di tanah perantauan. Tertarik dengan bidang ilmu filsafat, psikologi, sejarah, dan bidang apa saja, kecuali matematika.

Rules Comment :

1. Dilarang Spam
2. Berkomentarlah yang baik
3. Dilarang menggunakan kata komentar dengan kata kasar atau sebagainya
4. Harap untuk tidak menyebarkan link yang membuat spam, rusuh. unsur porno, sara, dan sebangsanya
5. Komentar harus sesuai dengan isi artikel

*Jika ingin bertanya di luar topik, silahkan klik menu Off Topic