MASIGNASUKAv101
513548225817861431

Tips Ampuh Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Tips Ampuh Tingkatkan Rasa Percaya Diri
Add Comments
07/11/21


   Rasa percaya diri adalah hal yang penting untuk dimiliki dalam hidup. Sebab, jika tidak percaya kepada apa yang kita punya maka akan berpengaruh kepada kehidupan sosial kita. Perasaan tersebut berhubungan bagaimana kita bertindak.

Ujung-ujungnya pada akhirnya timbul kemudian rasa malu karena tidak percaya diri. Percaya diri didukung oleh banyak faktor. Berikut ini beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri:

1. Mindset
Otak merupakan sumber segala perintah. Untuk itu terlebih dahulu tanamkan pola pikir positif. Lalu, isi memori otak dengan banyak wawasan dan kenali diri sendiri berupa kemampuan yang dimiliki. Dengan begitu, mental kita tidak akan jatuh ketika melihat orang lain yang hebat. 

Tanamkan dalam diri kita bahwa setiap orang diwarnai dengan kelebihan dan kekuarangannya. Karena itu manusia memiliki keunikannya masing-masing. Jadi, fokuslah pada potensi yang kita miliki, bukan pada keterbatasan yang justru akan jadi penghambat.

Menanamkan hal positif dapat membantu kita jadi lebih baik. Dikutip dari medicalnewstoday, sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Communications, dipimpin oleh dr. Aurelio Cortese, mereka menemukan bahwa 17 partisipan mampu meningkatkan rasa percaya diri mereka dengan cara mengidentifikasi dan memanipulasi otak.

Hasil tersebut berdasarkan proses pemindaian menggunakan decoded neurofeedback. Para peneliti akan memberi hadiah kepada partisipan dalam pelatihan setiap kali tingkat kepercayaan mereka meningkat. Mereka tidak sadar bahwa otak mereka dimanipulasi untuk membuat mereka lebih percata diri.

2. Penampilan
Dikutip dari laman Pyschology Today, kita dapat membangun percaya diri dengan penampilan yang kita kenakan. Sebab, penampilan berhubungan dengan jati diri seseorang. Tentu apa yang kita gunakan tergantung pula kesukaan kita terhadap warna, merek, dan bahan pada pakaian.

Penampilan adalah tentang bagaiamana mencitrakan diri. Kita dapat memakai pakaian sesuai dengan selera kita, seperti menggunakan jaket dengan desain stylish adalah satu pilihan yang membuat kita dapat tampil dengan nyaman dan modis.

3. Jangan overthinking
Terlalu memikirkan penilaian orang lain terhadap diri kita dapat menganggu pikiran dan mental. Ada hal-hal yang tidak dapat kita kontrol, salah satunya adalah komentar negatif orang lain. Untuk itu, jangan habiskan tenaga kita dengan hal tersebut.

Dalam bukunya Kearifan Hidup, filsuf Jerman bernama Arthur Schopenhauer berkata bahwa sebab kelemahan pada diri manusia, orang-orang terlalu memikirkan pendapat yang dibentuk oleh orang lain tentang mereka.

Eksistensi kita ada pada jati diri kita, bukan pada opini orang lain.  Seperti yang dikatakan oleh Epicurus bahwa "Manusia tidak dipengaruhi oleh hal, tetapi oleh pemikiran mereka akan suatu hal". Jadi, kondisi kesehatan mental terutama ditentukan oleh kita sendiri. Terlalu menilai penting perkataan orang lain sama saja dengan menghormati mereka terlalu tinggi. 

Hamid Auni

Mahasiswa hukum yang hidup berkelana di tanah perantauan. Tertarik dengan bidang ilmu filsafat, psikologi, sejarah, dan bidang apa saja, kecuali matematika.

Rules Comment :

1. Dilarang Spam
2. Berkomentarlah yang baik
3. Dilarang menggunakan kata komentar dengan kata kasar atau sebagainya
4. Harap untuk tidak menyebarkan link yang membuat spam, rusuh. unsur porno, sara, dan sebangsanya
5. Komentar harus sesuai dengan isi artikel

*Jika ingin bertanya di luar topik, silahkan klik menu Off Topic