MASIGNASUKAv101
513548225817861431

Hasil Studi: Kucing Ternyata Memiliki Gen Harimau

Hasil Studi: Kucing Ternyata Memiliki Gen Harimau
Add Comments
13/10/21


    Kucing yang merupakan hewan yang sangat dekat dengan manusia ternyata memiliki gen harimau sebesar 95,6%. Temuan ini berdasarkan hasil studi para peneliti Personal Genomics Institute yang dipublikasikan di jurnal Nature Communications (2013). Awalnya, mereka mengurutkan genom harimau, macan tutul salju, dan singa sebagai upaya konservasi. 

Sebab diketahui, harimau khususnya, yang diperkirakan masih hidup di alam liar sekitar hanya 3.050 hingga 3.950 harimau. Tanpa adanya usaha pelestarian, ilmuwan khawatir suatu saat binatang tersebut pada akhirnya akan punah.

Namun, mereka menemukan fakta bahwa kucing domestik berbagi 95,6% DNA-nya dengan harimau. Kucing dan harimau memiliki garis keturunan nenek moyang sama sekitar 10,8 juta tahun yang lalu. Berjalannya waktu, masing-masing dari mereka bermutasi.

Doc. image by wallpapercrafter
Beberapa gen berubah dalam jalur metabolisme yang terkait dengan pencernaan dan metabolisme protein, atau bagaimana tubuh menggunakan bahan bakar seperti makanan untuk menggerakkan sel. Kucing besar mengalami mutasi yang membuat indra penciuman dan ototnya lebih kuat, serta mampu bergerak dengan cepat yang berfungsi untuk mengejar mangsa.

Jika kita lihat secara fisik, kucing dan harimau memiliki kemiripan seperti taring dan kuku yang tajam, serta strip belang pada tubuh mereka. Selain itu, karakter mereka juga serupa. Baik kucing atau harimau, mereka akan menandai wilayah teritori mereka dengan menggosokan aroma wajah mereka pada benda-benda atau menggaruk-garuk sekitar area tersebut sebagai penanda. 

Source thumbnail: Unsplash, Rene Deanda

Hamid Auni

Mahasiswa hukum yang hidup berkelana di tanah perantauan. Tertarik dengan bidang ilmu filsafat, psikologi, sejarah, dan bidang apa saja, kecuali matematika.

Rules Comment :

1. Dilarang Spam
2. Berkomentarlah yang baik
3. Dilarang menggunakan kata komentar dengan kata kasar atau sebagainya
4. Harap untuk tidak menyebarkan link yang membuat spam, rusuh. unsur porno, sara, dan sebangsanya
5. Komentar harus sesuai dengan isi artikel

*Jika ingin bertanya di luar topik, silahkan klik menu Off Topic