MASIGNASUKAv101
513548225817861431

Escape from Naraka, Game Lokal yang Bernuansa Khas Bali

Escape from Naraka, Game Lokal yang Bernuansa Khas Bali
Add Comments
17/12/20


   Escape from Naraka adalah game besutan developer lokal indie yang berbasis di Yogyakarta, yaitu Xelo Games. Game ini merupakan game perdana yang dikembangkan oleh Xelo Games yang mulai dikerjakan pada April 2020 dengan menggunakan software Unreal Engine.

Game yang bergenre paduan First Person 3D Platformer Action ini, berceritakan tentang karakter utama melakukan petualangan ke alam lain demi menyelamatkan kekasihnya dari iblis yang bernama Rangda Ratu Leyak. Pemain bakalan terdampar ke suasana alam Bali dengan dikelilingi kuil kuno yang misterius. Namun, elemen nuansa Bali hanya dipakai sebagai latar tempat, tidak ada unsur folklore atau cerita rakyat yang masuk di dalam game, sehingga jalan cerita memang dikarang sendiri oleh developer.

"Untuk kisah dan elemen lain seperti yang disebutkan tadi tidak kami implementasikan sepenuhnya. Karena kami ingin masuk ke pasar global sehingga hanya elemen latar saja yang kami ambil dan yang lain kami fokuskan ke kebebasan berkreasi kami," ujar Candra Ardianto selaku Community Manager  Xelo Games kepada kami.


Pemain juga harus melewati semua rintangan, memecahkan masalah, dan harus menghadapi musuh yang siap menghadang. Di sela perjalanan, pemain harus mengumpulkan artifak untuk mencapai tahap selanjutnya dan mendapatkan kristal batu yang dapat digunakan sebagai kekuatan untuk melawan musuh. Salah satu jenis kritalnya yaitu kristal es, berfungsi menghambat gerakan musuh dan membantu pemain dalam melewati rintangan. 

Xelo Games menargetkan Escape from Naraka akan dirilis di Steam pada Q3 2021 nanti. Terkait kemungkinan akan dirilis di platform lain, Candra menjawab bahwa, "Untuk platform sementara ini masih PC. Tapi bila ada kesempatan untuk rilis ke platform lain tentu kami akan lakukan hal tersebut."

Escape from Naraka sebagaimana diungkapkan oleh Candra, terinspirasi oleh game buatan Glowstick Entertainment yaitu Dark Deception. "Gamenya (Dark Deception) cukup sederhana, namun kedalaman kontennya sangat menarik. Kami ingin mereplika hal tersebut ke game yang kami buat, tapi dengan sentuhan yang sangat kental dan erat dengan kami semua yang berasal dari Indonesia," kata Candra menambahkan.

Perlu diketahui, Xelo Games dengan Escape from Naraka-nya telah menorehkan prestasi, di antaranya terpilih sebagai Top 30 Indie Game oleh Game Prime 2020, kemudian di ajang internasional termasuk dalam Top 10 Indie Game Developer Nasional Korea G-STAR 2020 sekaligus lolos program kurasi. Acara G-STAR 2020 merupakan kolaborasi antara ASEAN - Korea Centre dengan Korean Association Game Industry dan Asosiasi Game Indonesia serta Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. 

Versi Demo Escape from Naraka dirilis pada 26 September 2020 lalu, dan bisa kalian mainkan dengan mengunduh terlebih dahulu di situs Steam mereka. Unsur puzzle dan sedikit cita rasa parkour pun terasa jika kalian memainkannya secara langsung. Baik youtuber lokal maupun youtuber internasional telah mencoba bermain game tersebut. Respon yang didapatkan pun cukup positif. 

Minimum System Requirements:
Requires a 64-bit processor and operating system
OS: Windows 7 / 8 / 10, 64-bits
Processor: Core i3 / AMD FX 2.4Ghz
Memory: 4 GB RAM
Graphics: Nvidia GTX 460 / AMD Radeon HD 5750 / Intel HD 630
DirectX: Version 11
Storage: 2 GB available space

Hamid Auni

Mahasiswa hukum yang hidup berkelana di tanah perantauan. Tertarik dengan bidang ilmu filsafat, psikologi, sejarah, dan bidang apa saja, kecuali matematika.

Rules Comment :

1. Dilarang Spam
2. Berkomentarlah yang baik
3. Dilarang menggunakan kata komentar dengan kata kasar atau sebagainya
4. Harap untuk tidak menyebarkan link yang membuat spam, rusuh. unsur porno, sara, dan sebangsanya
5. Komentar harus sesuai dengan isi artikel

*Jika ingin bertanya di luar topik, silahkan klik menu Off Topic