MASIGNASUKAv101
513548225817861431

Potret yang Menunjukkan Bahwa Kucing Juga Bisa Cemburu

Potret yang Menunjukkan Bahwa Kucing Juga Bisa Cemburu
Add Comments
06/09/20


   Cemburu merupakan sifat natural yang muncul ketika kurang senang terhadap suatu hal. Umumnya perasaan cemburu dikaitkan dengan hubungan kasih sayang. Akhirnya, timbul perasaan kompleks yang sulit dikendalikan seperti marah, takut, hingga curiga karena merasa terancam haknya akan diambil. Ternyata, tidak hanya manusia yang punya rasa cemburu, binatang juga memiliki sifat tersebut, seperti kucing contohnya.

Meskipun kucing tidak dapat memberitahu langsung perasaannya kepada kita, namun saat mereka melakukan hal yang manusia lakukan di situasi serupa, maka mudah bagi kita mengambil kesimpulan bagaimana perasaan mereka. Tidak banyak ilmuwan yang meneliti tentang emosi hewan secara langsung dan mendalam, akan tetapi bukan berarti mereka (kucing-red) tidak punya.

Kita dapat menebak perasaan mereka melalui pengalaman empiris dengan mengamati mata, gerak-gerik, gimik, dan gaya berjalan mereka. Marc Bekoff selaku Profesor Biologi di Universitas Colorado mengatakan, "Bahkan orang dengan sedikit pengalaman mengamati hewan biasanya setuju (antara) satu sama lain tentang apa yang paling mungkin dirasakan hewan," dalam tulisannya yang dipublikasikan oleh Oxford University Press, untuk Institut Biologi Amerika, vol. 50, no. 10, 2000.

Penyebab kecemburuan
Sementara itu, ahli perilaku hewan, Suzanne Hetts mengatakan, "Kami tidak tahu apakah keadaan emosi hewan peliharaan setara dengan apa yang orang sebut sebagai kecemburuan," dikutip dari PetMDJenis perilaku yang mungkin dianggap manusia sebagai kecemburuan seringkali lebih tentang persaingan daripada apa pun. Menurut Hetts, ini adalah situasi "di mana hewan peliharaan bersaing dengan individu lain - manusia, anjing, kucing, atau lainnya."

Kucing dapat menunjukkan tanda-tanda cemburu saat sang pemilik lebih memerhatikan objek, orang, atau hewan lain. Kedatangan anggota keluarga baru seperti bayi yang baru lahir, hewan peliharaan baru, atau bahkan pemilik terlalu sibuk dengan aktivitasnya sendiri juga bisa dikatakan sebagai pemicu kucing menjadi cemburu.

Dampak kecemburuan
Ketika kucing memiliki saingan, maka mereka akan merespon dengan berbagai cara. Dikutip dari laman cuteness, tindakan agresif yang akan dilakukannya seperti menggeram, mendesis, menggaruk-garuk furniture atau bahkan menampar apa yang mereka anggap sebagai saingan.


Kucing juga akan menganggu kesibukan pemilik di ruangan pribadi, seperti berusaha mengelus-elus badan pemilik, mencoba duduk di pangkuan, atau cara lain yang bertujuan untuk menuntut perhatian yang sebelumnya mereka dapatkan.

Kucing yang lebih pendiam biasanya menolak makan atau menghabiskan seluruh waktu mereka bersembunyi. Namun di sisi lain, mereka akan terus mengelus badan 'orang tua' atau menganggu pekerjaan (ruang pribadi) pemiliknya demi menuntut sebuah perhatian.

Perilaku lainnya, kucing akan membuang kotoran di tempat yang tidak biasanya atau secara sembarangan, entah karena kecemasan atau sebagai cara untuk menandai wilayah mereka. Sudah seharusnya 'orang tua' selalu memberikan perhatian kepada kucingnya, walaupun hanya sedikit dan sebentar, itu akan bermakna cinta bagi si kucing sendiri. Berikut beragam potret yang menandakan kecemburuan kucing.


"Jangan sok cari perhatian lu!"
Doc. photo by Imgur/mistermoonshine

Sedang mencoba mengalihkan perhatian tuannya
Doc. photo by Pexels/Ruca Souza

"Tunggu saja nanti kau, oren!"
Doc. photo by Reddit/ilikenap

"Sabar...giliranku pasti datang."
Doc. photo by Reddit/TartofDarkness

"Bro, masih muat nggak?"
Doc. photo by Reddit/Dxkingxd

Hamid A.

Seorang mahasiswa biasa yang hidup di tanah perantauan demi tugas yang mulia yaitu mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Membaca dan menulis adalah hal yang biasanya aku lakukan ketika waktu luang.

Rules Comment :

1. Dilarang Spam
2. Berkomentarlah yang baik
3. Dilarang menggunakan kata komentar dengan kata kasar atau sebagainya
4. Harap untuk tidak menyebarkan link yang membuat spam, rusuh. unsur porno, sara, dan sebangsanya
5. Komentar harus sesuai dengan isi artikel

*Jika ingin bertanya di luar topik, silahkan klik menu Off Topic