MASIGNASUKAv101
513548225817861431

Game Lokal Project D: Human Risen, Saat Manusia Diambang Kepunahan

Game Lokal Project D: Human Risen, Saat Manusia Diambang Kepunahan
Add Comments
02/01/20


   Perkembangan game buatan anak bangsa akhir-akhir ini makin santer bermunculan, beragam genre dan variasi cerita dihadirkan untuk menarik perhatian kalangan pecinta game. Seperti game survival misalnya, yang juga banyak diminati, karena sang pemain diharuskan untuk terus menjelajahi setiap tempat demi bertahan hidup di kondisi dunia game yang sangat kacau, mencari tempat yang aman untuk berlindung, dan terkadang harus melawan musuh. 

Hal itulah yang sekiranya membuat developer game indie lokal yaitu catgames.id tertarik untuk membuat game bergenre survival yang bernama Project D: Human Risen. Game tersebut bercerita saat tahun 2022 di mana dunia dalam keadaan sekarat, umat manusia hampir musnah karena disebabkan oleh virus yang menyebar dengan cepat hingga dapat membunuh seseorang yang terinfeksi seketika, namun berdampak berbeda ke beberapa hewan karnivora.

Orang-orang yang belum terinfeksi virus lari menyelamatkan diri sampai pada akhirnya mereka membuat suatu kelompok yang terdiri dari orang-orang yang selamat dan para peneliti. Untuk mencegah kepunahan umat manusia, para peneliti berkumpul untuk mencari solusi atas permasalahan ini, salah satu jalan keluarnya ialah dengan mengembangkan "Project Doomsday" yaitu dengan menggunakan mesin waktu sebagai solusinya.
Doc.photo by catgames.id
Para peneliti melatih para pemuda potensial yang selamat untuk membangun peradaban kembali di masa depan. Mereka yang terpilih setelah melalui seleksi akan dilatih untuk bertahan hidup serta dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan khusus. Pada tahun 2023 proyek yang dikembangkan oleh para peneliti bocor ke publik - menjadi rebutan kelompok lain karena terbatasnya jumlah yang dapat diproduksi, akhirnya mereka memutuskan untuk memindahkan proyek kapsul waktu ke tempat yang belum terpapar virus. 

Tak lama kemudian mereka menemukan sebuah pulau terpencil yang hanya dihuni oleh sekelompok masyarakat kecil di mana mereka tidak tahu apa-apa mengenai virus yang banyak memusnahkan banyak orang. Nantinya, para pemuda yang sudah terpilih akan menghadapi banyak musuh seperti hewan buas yang sudah berubah menjadi seperti monster karena efek virus, musuh manusia dari negara lain, dan sebagainya.

Virus yang mematikan tersebut berinisial Virus D, huruf "D" merupakan penggunaan istilah yang merujuk kepada kata "Doomsday" yang berarti kiamat, sesuai dengan dampak yang dihasilkan sangat mengerikan. Namun, untuk lebih detail lagi mengenai gambaran virusnya dapat diketahui saat peluncuran trailer dari game ini pada Februari 2020. 

"Kalau untuk detail kami belum bisa kasih tahu sih karena masih termasuk alur cerita dan unsur 'surprise' dari dalam game makanya kami sengaja tidak cerita secara lengkap, karena nanti bakal ada sedikit pandangan di trailernya," ujar Ardiansa Reza, salah satu tim developer catgames.id saat kami hubungi pada Senin (30/12/2019).

Lebih lanjut Ardiansa menambahkan, "Untuk virusnya sendiri itu terkenanya (waktu terinfeksi) bertahap (tidak langsung mati), karena jika langsung, para peneliti yang membuat kapsul waktu gak bakal sempat. Jadi virus ini berasal dari suatu tempat yang nantinya menjadi salah satu misi player untuk mengungkap (asal mula) virus ini. Bahkan efek virus nanti akan ada di trailer, jadi secara story dan gameplay akan ada di trailer," tuturnya.

Di game ini nantinya terdapat dua karakter utama yang dapat dipilih, terdiri atas laki-laki dan perempuan yang selamat atas wabah virus yang menyerang. Model sudut pandang kamera pada game ini terdapat dua pilihan opsi yaitu First Person View (FPV) dan Third Person View (TPV). "Kita utamakan pakai FPV, tapi bisa diubah ke TPV, jadi bisa dibilang bisa digunakan dua-duanya. Namun, FPV lebih direkomendasikan biar lebih terasa 'feel'-nya," kata Ardiansa.

Senjata yang akan digunakan oleh karakter utama ialah gabungan dari modern weapon dan survival weapon. Dari pihak tim developer catgames.id sendiri akan mempertimbangan memadukan unsur budaya ke dalam senjata dan aspek lainnya. "Untuk sekarang kami belum memikirkan untuk memasukan budaya indonesia seperti apa di dalam game, karena di sini agak sedikit berat pertimbangannya, semisal kami menambah candi atau sebuah bangung terkenal indonesia takut terjadinya kesalahpahaman terhadap mindset orang indonesia," jelas Ardiansa.

Pihak catgames.id berencana akan merilis demo gamenya pada Q1 2020, tepatnya bulan Februari setelah trailer secara resmi dirilis. Tahapan yang akan ditempuh oleh pihak catgames.id dalam merilis gamenya ialah pertama mereka akan merilis demo, early access, dan yang terakhir yaitu full version. Perihal waktu perilisan early access kira-kira akan dikeluarkan pada bulan Juli 2020, namun untuk full version-nya belum pasti.

"Kita sih untuk full release sekitar 1 tahun ke atas dan masih belum bisa ditentukan karena kita ngikutin keinginan player, jadi jika player sudah puas dengan fitur yang diberikan maka kami akan beralih ke full release," kata Ardiansa. Project D: Human Risen merupakan game perdana yang dikembangkan oleh catgames.id kira-kira sejak Maret 2019, oleh karena itu pihak tim developernya sendiri sangat memperhatikan pesan timbal balik dari si pemain.

"Kalau full version itu bergantung ke respon pemain, karena bisa jadi 1-5 tahun. Ini game besar, pasti terdapat bug dan fitur lainnya, banyak nanti yang akan diperbaiki. Untuk map saja bisa dibilang sekitar 2 tahun, karena 16 km dan tim kami tidak hanya 3d modeller-nya saja," ujar Ardiansa. Mereka tentunya berharap banyak untuk kesuksesan game perdananya yang kabarnya akan dirilis secara resmi di Steam. Untuk saat ini mereka fokus untuk mengembangkan protoype gamenya, promosi dengan mengikuti acara pameran game, dan menggalang dana melalui merilis versi early access.

Hamid Auni

Mahasiswa hukum yang hidup berkelana di tanah perantauan. Tertarik dengan bidang ilmu filsafat, psikologi, sejarah, dan bidang apa saja, kecuali matematika.

Rules Comment :

1. Dilarang Spam
2. Berkomentarlah yang baik
3. Dilarang menggunakan kata komentar dengan kata kasar atau sebagainya
4. Harap untuk tidak menyebarkan link yang membuat spam, rusuh. unsur porno, sara, dan sebangsanya
5. Komentar harus sesuai dengan isi artikel

*Jika ingin bertanya di luar topik, silahkan klik menu Off Topic