MASIGNASUKAv101
513548225817861431

Dibalik Kaya akan Manfaat, Kopi juga Dapat Membahayakan Tubuh

Dibalik Kaya akan Manfaat, Kopi juga Dapat Membahayakan Tubuh
Add Comments
26/10/19


   Kopi merupakan salah satu minuman populer di dunia. Bagi pecinta kopi, kopi ialah sesuatu yang tak dapat dipisahkan dalam hidup. Kopi dianggap minuman yang pas untuk menyambut hari, mengisi waktu luang, penawar rasa ngantuk, pemantik ide kreativitas, dan beragam manfaat lain yang bisa didapatkan lewat secangkir kopi. Kandungan kafein dalam kopi dipercaya dapat menumbuhkan efek semangat dan merangsang otak untuk lebih giat bekerja.

Budaya ngopi kini menjamur di kalangan anak muda sering dengan banyaknya kedai-kedai kopi yang muncul, apalagi dengan konsep tata ruang yang "instagrammable" yang menjadi daya tarik sendiri. Banyak jenis dan varian kopi yang tersebar di seluruh dunia, setiap jenis kopi pasti menawarkan cita rasa berbeda. Cita rasa unik yang ada pada kopi inilah yang membuat seseorang tertarik ingin mencobanya lagi dan lagi. 

Dari beberapa hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kopi menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, diantaranya: 
  • Membantu membakar lemak;
  • Meningkatkan kinerja fisik;
  • Menurunkan resiko diabetes tipe 2;
  • Menurunkan resiko stroke;
  • Mengurangi depresi;
  • Dan lain-lain.
Namun, yang harus digarisbawahi ialah penelitian tersebut bersifat observasional yang dalam artian studi-studi yang telah dilakukan tidak dapat membuktikan bahwa kopi dapat menurunkan penyakit, hanya membuktikan bahwa orang yang gemar meminum kopi cenderung beresiko lebih rendah untuk terkena penyakit tersebut.

Sekali lagi, semua itu juga terkandung kondisi setiap orang yang berbeda-beda, dan bagaiaman kebiasaannya meminum kopi. Mengingat juga bahwa beragam penelitian yang telah dilakukan hasilnya kuat dan konsisten, tak ada salahnya untuk mempercayai kebenarannya. Apalagi bagi pecinta kopi, yang terpenting ialah bisa ditemani dengan secangkir kopi ketika berada di ruang diskusi atau berada dalam kondisi apapun. 

Kadar aman mengonsumsi kopi
Di sisi lain, kopi juga memiliki dampak negatif yang dapat membahayakan tubuh, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi kopi. Kopi akan menjadi penyakit jika dikonsumsi secara berlebihan dan secara otomatis akan menghilangkan manfaat dari kopi itu sendiri. Rata-rata secangkir kopi bermuatan 8 ons(240ml) dengan mengandung 100mg kafein. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic, sebenarnya mengonsumsi kopi sebanyak 28 cangkir per pekan dengan rata-rata 4 cangkir per hari termasuk ke dalam konsumsi yang berlebihan, khususnya bagi seseorang yang berusia 55 tahun ke atas.

Namun, untuk orang dewasa dengan kondisi sehat, mengonsumsi 4 cangkir kopi per hari masih dalam kadar aman. Dalam penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa orang-orang dewasa muda yang meminum kopi sebanyak lebih dari 4 cangkir per hari akan mendapatkan efek samping yaitu migrain, insomnia, detak jantung menjadi cepat, sakit perut, kegelisahan, sering buang air kecil, dan gejala lainnya. Asupan kafein dalam kopi yang direkomendasikan adalah sebanyak 400mg dengan perkiraan mengonsumsi 2-3 cangkir kopi hitam per hari masih bisa dibilang wajar dan dapat memberikan manfaat kesehatan, meskipun jumlah kafein dalam setiap minuman bervariasi.

Mengonsumsi kopi dapat menyebabkan osteoporosis
Menurut penelitian di Swedia disebutkan bahwa mengonsumsi kopi dengan asupan lebih dari 4 cangkir per hari, dapat menurunkan massa tulang sebesar 2-4%. Dengan mengonsumsi lebih dari batas aman tersebut secara terus menerus, maka akan menyebabkan kepadatan mineral tulang menurun, meningkatkan pengeluaran kalsium lewat urin, dan penyerapan usus terhadap kalsium  juga akan menurun.

Kepadatan tulang yang menurun dapat meningkatkan resiko tulang menjadi keropos. Setiap mengonsumsi 100mg kafein dalam kopi, maka dampaknya akan kehilangan 6mg kalsium. Apabila tidak diimbangi dengan asupan kalsium yang cukup, maka dalam jangka waktu yang lama, kafein yang dikonsumsi akan menyebabkan tulang keropos.

Sebab manfaat kopi dapat berkurang
Manfaat kopi akan berkurang apabila secangkir minuman kopi sarat dengan gula. Seperti contoh ketika lebih memilih minuman kopi yang 'trendy' dengan campuran krim, gula, dan toping whipped cream. Memang minuman tersebut dari bentuk tampilan menggoda dan rasanya pun nikmat, namun dampaknya lebih banyak mendatangkan bahaya bagi kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan penyakit lainnya.

Setiap satu sendok yang ditambahkan ke dalam secangkir minuman kopi akan berakibat pada berkembangnya sel lemak. Dengan tambahan begitu banyak gula dan sirup justru sampai melampaui tambahan kalori setiap hari yang dibutuhkan oleh tubuh dapat berdampak pada penambahan berat badan sampai 5-7 kg.

Efek samping pada kopi akan timbul dan dapat menyerang kesehatan tubuh apabila mengonsumsinya secara berlebihan. Kopi memang nikmat diminum di segala suasana, namun yang perlu harus diperhatikan ialah kadar aman dalam mengonsumsi kopi yaitu sebanyak 2-3 cangkir per hari, sudah jelas menjaga kesehatan tubuh adalah yang paling utama dan meminimalisir resiko efek samping. 

Kopi yang lebih sehat untuk diminum ialah kopi tanpa gula atau dengan sedikit gula, karena manfaat kesehatan yang didapat jauh lebih baik dibanding kopi dengan tambahan gula atau pemanis lainnya, khususnya bagi fungsi saraf di dalam tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, mengonsumsi kopi tanpa gula dapat mencegah penurunan fungsi saraf secara signifikan. 

Penelitian lain yang dilakukan di John Hopkins University, Amerika Serikat menghasilkan fakta bahwa rutin minum kopi tanpa gula dapat mempertajam daya ingat. Meminumnya dengan takaran 200ml saja dapat membuat daya ingat tetap dalam kondisi prima selama 24 jam. 

Hamid A.

Mahasiswa hukum yang hidup berkelana di tanah perantauan. Tertarik dengan bidang ilmu filsafat, psikologi, sejarah, dan bidang apa saja, kecuali matematika.

Rules Comment :

1. Dilarang Spam
2. Berkomentarlah yang baik
3. Dilarang menggunakan kata komentar dengan kata kasar atau sebagainya
4. Harap untuk tidak menyebarkan link yang membuat spam, rusuh. unsur porno, sara, dan sebangsanya
5. Komentar harus sesuai dengan isi artikel

*Jika ingin bertanya di luar topik, silahkan klik menu Off Topic