MASIGNASUKAv101
513548225817861431

Our Last Stand, Game Survival Bertema Zombie Asal Indonesia

Our Last Stand, Game Survival Bertema Zombie Asal Indonesia
Add Comments
11/08/19


   Perkembangan industri game saat ini semakin pesat, para developer dari mancanegara berlomba-lomba untuk menciptakan game yang bagus dan menarik, termasuk developer game asal Indonesia pun ikut meramaikan persaingan. Kabar kali ini ialah mengenai game asal Indonesia yang bernama "Our Last Stand" yang dikembangkan oleh tim developer indie yaitu Nusantara Free Creative(NFC). Genre game ini ialah "Survival Horror Zombie" dengan sudut pandang ketiga atau biasa disebut dengan TPS(Third Person Shooter), game ini bisa dibilang sebagai game survival horror zombie pertama asal Indonesia
Doc photo by Nusantara Free Creative
Latar belakang cerita game ini berawal dari wabah penyakit yang terjadi di Kota Rendah di Indonesia, sehingga menyebabkan masyarakat sekitar terjangkit virus yang membuat mereka berubah menjadi zombie. Enam bulan setelah wabah zombie itu muncul, sekelompok orang yang selamat dari wabah tersebut mendirikan sebuah komunitas yang bernama "Last Stand".

Tujuannya ialah untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut dan sambil membantu survivor lain yang membutuhkan bantuan. Mereka juga membuat tempat untuk berlindung serta mengurus listrik di kota. Tidak hanya melawan zombie, nantinya si pemain juga melawan musuh dalam bentuk manusia yaitu para bandit yang di dalam game disebut begal.

Jika dilihat dari konsep cerita gamenya, hampir sama dengan game yang satu genre dari game ini pada umumnya; menyelamatkan diri dari kawanan zombie, membentuk grup orang-orang yang selamat, mencari solusi dari wabah zombie, dan menemukan safe zone area. Namun yang membuat game ini berbeda dari yang lain nantinya ialah terdapat nuansa lokal Indonesia diantaranya kita dapat menggunakan senjata tradisional seperti parang dan bambu runcing, adapun yang modern seperti pistol dengan diberi nama SP-19. 

Tahun 2015 adalah awal munculnya game ini, tetapi baru mulai serius dikembangkan pada tahun 2017. Habib Abdullah selaku Game Designer dari Our Last Stand mengatakan bahwa, salah satu inspirasinya untuk membuat game ini ialahberasal dari game The Last of Us. Sebelumnya, game ini terdapat dua sekuel terpisah namun masing-masing sekuel mempunyai keterkaitan pada alur cerita, sekuel pertama yaitu "Our Last Stand: the Arena" dan yang kedua berjudul "Our Last Stand:a Way Home". Untuk sekuel pertamanya sudah dirilis di website IndieDB pada tanggal 3 Maret 2018, kalian yang ingin memainkan gamenya bisa diunduh dengan klik di sini.

Untuk perilisan Our Last Stand: a Way Home berdasarkan informasi dari tim developernya tidak bisa dipastikan kapan, mereka pastinya akan bekerja sebaik mungkin untuk pengembangan proyek game ini. Kabar baiknya kalian dapat memainkan demo gamenya  secara gratis yang diumumkan secara resmi pada 10 Agustus 2019, jika ingin memainkan demonya silahkan download dengan klik di sini. Berdasarkan keterangan sang developer, game ini hanya dirilis untuk perangkat komputer saja, mereka tidak merilis gamenya untuk dapat dimainkan di android.

Hamid A.

Seorang mahasiswa biasa yang hidup di tanah perantauan demi tugas yang mulia yaitu mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Membaca dan menulis adalah hal yang biasanya aku lakukan ketika waktu luang.

Rules Comment :

1. Dilarang Spam
2. Berkomentarlah yang baik
3. Dilarang menggunakan kata komentar dengan kata kasar atau sebagainya
4. Harap untuk tidak menyebarkan link yang membuat spam, rusuh. unsur porno, sara, dan sebangsanya
5. Komentar harus sesuai dengan isi artikel

*Jika ingin bertanya di luar topik, silahkan klik menu Off Topic