MASIGNASUKAv101
513548225817861431

Game Pulang Insanity Makin Siap untuk Dirilis!

Game Pulang Insanity Makin Siap untuk Dirilis!
Add Comments
26/06/19


   Setelah kemunculan game DreadOut yang sukses bersaing di pasar industri game dunia. Kini muncul lagi game karya anak bangsa yang digadang-gadang siap mengikuti jejak kesuksesan game DreadOut, game ini bernama Pulang Insanity. Sama seperti DreadOut, Pulang Insanity merupakan game yang bergenre survival horror, akan tetapi game ini lebih fokus bercerita tentang pesugihan, menampilkan sisi gelap budaya mistis yang ada di Indonesia.

Pulang Insanity mengisahkan tentang seorang lelaki bernama Muhammad Rudiansyah (Rudy), pria miskin yang memiliki banyak hutang. Dia pun menggunakan cara instan untuk mendapatkan kekayaan yaitu dengan ritual pesugihan, berjalannya waktu dia menjadi kaya raya, akan tetapi kebahagiaannya itu tidak bertahan lama.

Berdasarkan perjanjian kontrak dengan para Jin, mereka meminta tumbal manusia setiap tiga bulan. Suatu ketika para Jin meminta keluarga Rudy untuk dijadikan tumbal selanjutnya, akhirnya timbul malapetaka yang mengakibatkan keluarganya meninggal dengan cara yang tragis dan misterius.
Doc. Image by Ozysoft Studio
Setelah 5 tahun kejadian itu, Rudy akhirnya hidup sendirian dengan bergelimang harta, akan tetapi kekayaan melimpah yang didapatkan tidak dapat membuat hatinya bahagia. Hingga suatu saat Rudy melakukan perjalanan bisnis ke kota lain, namun di tengah perjalanan ia mengalami kecelakaan yang tak terduga, dari kecelakaan itu ia terjebak di sebuah desa mistis yang sangat misterius. Lewat perjalanan tersebut akhirnya terungkap satu persatu sebab anak dan istrinya meninggal secara misterius 5 tahun silam, lewat kejadian itu pula Rudy sadar dan ingin bertaubat.

Game ini dikembangkan oleh Ozysoft, tim developer yang berbasis di Kalimantan Timur. Fahrurrozy Yasin (Ozy) selaku developer sekaligus produser dari game ini saat kami hubungi menuturkan mengenai soal konsep sebenarnya sudah dirancang sejak tahun 2012, sedangkan pengerjaannya dimulai pada tahun 2013, akan tetapi ia menambahkan bahwa proyek pengerjaan gamenya ini pada tahun 2017 - 2018 dirombak ulang dari awal, karena ada beberapa hal yang harus ditingkatkan mulai dari sisi grafik, alur cerita, dan lain-lain.
Doc. photo by Ozysoft Studio
Perjalanan perkembangan game Pulang Insanity sudah kami ketahui kabarnya sekitar tahun 2015-2016, game ini sendiri sebenarnya sudah pernah rilis di tahun 2013 namun dengan grafik yang "seadanya". Pernah juga game ini sempat berubah nama menjadi "Pulang 2 Insanity" berjalannya waktu game ini diubah lagi namanya menjadi seperti yang semula. Game ini mesti sudah ditunggu-tunggu dari dulu perilisannya oleh penikmat dan pengamat game, karena ada satu sisi menarik dari game ini yaitu mengangkat tema pesugihan.

Berdasarkan informasi yang kami dapat,  game ini nanti akan hadir serta ikut memeriahkan di acara Bekraf Gameprime 2019, suatu acara pameran game terbesar di Indonesia yang akan dilaksanakan pada 13-14 Juli 2019.

Tidak hanya itu, game ini pun nantinya akan go internasional karena game ini akan hadir di pameran game tingkat internasional yaitu "Gamescom" yang akan diselenggarakan di Koln, Jerman pada tanggal 21-25 Agustus 2019. Artinya, selain dapat mempromosikan game ini, tim developer Ozysoft juga membawa nama Indonesia dikancah industri pasar game dunia, suatu hal yang pastinya sangat membanggakan.

Game horror buatan Indonesia sebenarnya sudah banyak seperti Dreadout, Pamali, Ghaib, dan lain-lain. Namun yang jadi pertanyaan ialah apa yang membuat game ini berbeda dari kebanyakan game horror lainnya?, Ozy menambahkan, "Sekarang  game horror dengan tema 'lokal khas Indonesia' sudah sangat menjamur, jadi kami harus bisa mencoba berbeda dengan game-game Indonesia lain.

Kami akan tetap mengusung tema lokal, hanya saja dengan pembawaan yang sedikit berbeda, jenis hantu yang selama ini tidak pernah / jarang diangkat (khas Kalimantan), serta fokus cerita yang lebih kompleks dibanding game horror Indonesia lain yang sudah beredar".

Menarik untuk disimak, lebih lanjut lagi Ozy menjelaskan, "Tujuan utama kami bukan untuk mengembangkan game horror yang diisi dengan jumpscares dan audio yang terlalu keras., kami bertujuan untuk menciptakan horror dengan suasana mengerikan, bahkan ketika tidak ada musuh di level tersebut".

Perjalanan waktu perkembangan game ini sangat signifikan, dapat dilihat berdasarkan tayangan video youtube trailer demo game ini yang diunggah pada 7 Juni 2019. Game ini sudah dipastikan nanti akan rilis di Steam, setelah sebelumnya dulu game ini lolos tahap Steam Greenlight.

Untuk memainkan versi demonya nanti dapat diunduh di Steam pada tanggal 28 Juni 2019, sementara untuk perilisan versi penuhnya pihak Ozysoft sendiri mengonfirmasi secara resmi bahwa gamenya akan dirilis pada Q3 (Quarter 3) hitungan sekitar bulan Juli, Agustus, September. 

Hamid A.

Mahasiswa hukum yang hidup berkelana di tanah perantauan. Tertarik dengan bidang ilmu filsafat, psikologi, sejarah, dan bidang apa saja, kecuali matematika.

Rules Comment :

1. Dilarang Spam
2. Berkomentarlah yang baik
3. Dilarang menggunakan kata komentar dengan kata kasar atau sebagainya
4. Harap untuk tidak menyebarkan link yang membuat spam, rusuh. unsur porno, sara, dan sebangsanya
5. Komentar harus sesuai dengan isi artikel

*Jika ingin bertanya di luar topik, silahkan klik menu Off Topic