MASIGNASUKAv101
513548225817861431

Inovasi Teknologi sebagai Solusi dari Permasalahan Lingkungan

Inovasi Teknologi sebagai Solusi dari Permasalahan Lingkungan
Add Comments
17/11/18


  
   Permasalahan lingkungan dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu disebabkan oleh tangan manusia sendiri. Seperti contoh penumpukan sampah, banjir, polusi air, polusi udara, dan lain-lain. Kurangnya tingkat kesadaran yang ada pada diri manusia menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan. Padahal menjaga lingkungan agar tetap asri ialah tugas kita bersama demi terjaganya ekosistem lingkungan yang baik. 

Jika terus dibiarkan maka akan berdampak buruk bagi masa depan, karena dari waktu ke waktu permaslahan tersebut akan terus bertambah, maka harus ditemukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Selain pemerintah aktif dalam membuat peraturan yang mengatur berbagai permasalahan yang ada, inovasi teknologi merupakan suatu solusi yang pas untuk mengurangi dampak dari kerusakan lingkungan hidup.

Kita bisa memanfaatkan inovasi teknologi sebagai suatu upaya dalam mengatasi kerusakan lingkungan hidup. Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam(TPSA) BPPT, Hamman Riza menyebutkan bahwa komitmen menjaga lingkungan hidup dapat diterjemahkan yaitu “Hanya Satu Bumi”. Menurutnya, ini merupakan komitmen dan aksi nyata untuk terus menjaga lingkungan hidup.

“Kami di Deputi TPSA memiliki semboyan atau Tagar Hanya Satu Bumi. Ini memiliki arti kita tidak hanya menjaga lingkungan, tapi juga memanfaatkan semua yang ada di bumi ini demi kemaslahatan umat manusia,” tegas Hammam di Kantor BPPT, Jakarta pada Selasa (5/6/2018). Menurut Hammam, kunci penting agar pemanfaatan potensi sumber daya alam dan pelestarian lingkungan dan bumi dapat seimbang, adalah dengan menerapkan inovasi teknologi. 

Hammam mengungkapkan, hingga kini pemanfaatan sumberdaya alam di tanah air, masih kurang memerhatikan aspek lingkungan. Hamman menambahkan,“Bisa kita lihat dalam keseharian, pencemaran terhadap lingkungan seakan menjadi hal yang biasa saja. Pembuangan limbah industri ke sungai, penambangan ilegal menggunakan bahan beracun dan pembakaran lahan, juga masih terjadi di beberapa wilayah. Hal ini perlu ditanggulangi, salah satunya dengan penerapan teknologi”.

Banyak berbagai inovasi teknologi yang ditemukan oleh masyarakat indonesia dalam mengatasi permasalahan lingkungan, sebagai contoh yaitu penemuan yang ditemukan oleh Ilmuwan LIPI yang disebut Nanobubble atau teknologi gelembung bereukuran nanometer.
 
Teknologi Nanobubble merupakan teknologi yang memanfaatkan gelembung nanometer untuk mengurangi senyawa polutan berbahaya di dalam air limbah menjadi lebih aman dan tidak mencemari air sungai. Dikarenakan ukurannya nanometer, gelembung ini mampu berada dalam air lebih lama dibandingkan gelembung ukuran mikro atau makro meter.

Cara kerjanya ialah teknologi gelembung ukuran nanometer ini dikombinasikan dengan penemuan LIPI lainnya, yaitu Ozone Generator. Gas Ozon yang dihasilkan diinjeksikan ke dalam air bentuk Nanobubble. Ozon Nanobubble inilah yang mengurai senyawa polutan di air limbah. Penemuan tersebut adalah dari sebagai bentuk upaya dalam mengatasi pencemaran air yang diterapkan di Jakarta. Tidak hanya itu, banyak juga penemuan lain yang ditemukan oleh anak bangsa yang berasal dari pemikirannya yang cemerlang.

Diantaranya yaitu penemuan kantong plastik ramah lingkungan dari biji durian yang ditemukan oleh mahasiswa Teknik Universitas Gajah Mada yang berhasil menciptakan inovasi baru untuk mengatasi permasalahan limbah plastik, mahasiswa Universitas Brawijaya Malang yang berhasil memanfaatkan abu ampas dari tebu untuk mengatasi pencemaran limbah jenis logam berat, dan berbagai penemuan lain hasil dari inovasi teknologi yang berguna untuk mengatasi permasalahan lingkungan hidup.

Inovasi teknologi memiliki peran yang sangat penting, hal itu merupakan dampak positif dari globalisasi yang dapat dimanfatkan dengan baik, perkembangan teknologi itu diibaratkan sebuah pisau bermata dua, jika digunakan untuk hal yang bermanfaat seperti memotong buah, dan lain-lain maka itu akan sangat membantu manusia.

Namun juga dapat berdampak buruk ketika pisau tersebut disalahgunakan seperti melukai orang lain, dan lain sebagainya. Tergantung dari pemakai atau diri kita sendiri menempatkannya, jika digunakan untuk hal kebaikan dan bermanfaat bagi orang banyak maka akan menghasilkan kebaikan pula dalam membantu manusia mengatasi permasalahan lingkungan hidup.

Hamid Auni

Mahasiswa hukum yang hidup berkelana di tanah perantauan. Tertarik dengan bidang ilmu filsafat, psikologi, sejarah, dan bidang apa saja, kecuali matematika.

Rules Comment :

1. Dilarang Spam
2. Berkomentarlah yang baik
3. Dilarang menggunakan kata komentar dengan kata kasar atau sebagainya
4. Harap untuk tidak menyebarkan link yang membuat spam, rusuh. unsur porno, sara, dan sebangsanya
5. Komentar harus sesuai dengan isi artikel

*Jika ingin bertanya di luar topik, silahkan klik menu Off Topic