MASIGNASUKAv101
513548225817861431

Rasanya Memiliki Mata Minus

Rasanya Memiliki Mata Minus
Add Comments
19/07/18


   Mata minus atau yang biasanya disebut dengan miopi (rabun jauh) merupakan gejala penyakit pada mata yang membuat mata tidak dapat melihat objek secara jelas pada jarak yang jauh. Mata minus sendiri terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal mulai dari faktor keturunan, faktor ketegangan visual, dan lain sebagainya.

Mata minus dapat diatasi dengan memakai kacamata dengan lensa cekung, karena lensa cekung sendiri bersifat divergen atau menyebarkan cahaya sehingga bayangan benda yang sebelumnya jatuh di depan retina dapat jatuh tepat di retina saat sedang memakai kacamata. Lensanya sendiri dapat disesuaikan seberapa besar minus mata setelah konsultasi atau pengecekan di klinik mata atau dapat juga dengan dokter di rumah sakit terdekat.

Namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas secara rinci mengenai gejala, penyebab, solusi, dan lain - lain mengenai miopia, tetapi yang ditekankan pada substansinya ialah lebih membahas bagaiamana rasanya mengalami mata minus sekaligus pengalaman menggunakan kacamata. Mungkin bagi orang-orang yang matanya sehat penasaran dan ingin tahu pengalaman seseorang miopia yang dikisahkan langsung melalui tulisan.

1. Lupa membawa dan menaruh kacamata
Para penderita miopia akan sangat tersiksa sekali ketika mereka lupa membawa dan menaruh kacamata, terlebih lagi yang minus matanya besar, entah sikap bawaan dari lahir memang pelupa atau memang sebagian besar penderita miopia seringkali mengalami hal ini ketika akan pergi ke kampus, ke kantor, undangan mantan, dan lain - lain. Saat berpergian mereka lupa membawanya yang pada akhirnya terkadang secara terpaksa harus memutar balik ke rumah untuk mengambil kacamata yang tertinggal, padahal kacamata itu sendiri sangat penting untuk membantu penglihatan secara jelas. Demikian juga saat lupa menaruh tempat kacamata itu semula, susah - susah nyari terkadang benda tersebut dekat di sekitar kita. 

2. Dicap sombong 
Ini merupakan hal yang biasa bagi penderita miopia ketika sedang tidak menggunakan kacamata, pasti diantara kalian penderita mata minus pernah mengalami ini ketika teman kalian menyapa, melihat kalian, ataupun tiba - tiba bertemu dengan teman lama. Pasti kalian pernah dibilang sombong karena tidak mau negur atau menyapa duluan. Ketahuilah padahal mereka tidak tahu ada alasan sendiri yang membuat penderita miopi seperti itu, yaitu tidak mau sembarangan dan menjaga pandangan karena penglihatan mereka yang buram sulit untuk melihat atau mengenal sesuatu yang jauh secara jelas, bisa jadi menurut mereka sapaan itu untuk orang lain daripada geer nantinya lebih baik tetap fokus berjalan.

3. Bisa tampil percaya diri
Bukan hanya dengan menggunakan kacamata bisa tampil percaya diri, tetapi juga dengan melepaskan kacamata, kalian dapat tampil percaya diri. Cara ini sangat ampuh karena saya pernah mencobanya, terlebih lagi untuk kalian yang pemalu, introvert, mudah gugup, demam panggung dan lain - lain . Saat presentasi di depan kelas, berbicara kepada lawan jenis, dan sebagainya sebenarnya dapat meningkatkan tingkat percaya diri, karena pada dasarnya pandangan yang kabur terhadap suatu objek, sehingga tidak dapat melihat secara jelas ekspresi lawan bicara.

4. Merasakan pusing 
Ketika menggunakan kacamata terlalu lama otot mata akan lelah dan tegang yang tentunya mengarah ke saraf otak yang membuat kepala menjadi pusing. Cara mengatasinya ialah istirahatkan mata dengan sejenak, jangan terlalu lama menatap layar komputer, televisi, gadget, bacalah buku dengan pencahayaan yang baik, rilekskan mata anda dengan melihat objek berwarna hijau yang jauh, dan sebagainya. 

5. Dianggap menarik dan pintar 
Menurut berbagai survey dan penelitian terkemuka orang yang memakai kacamata merupakan orang yang pintar, memang survey dan penelitian tersebut bukan sembarang mengambil kesimpulan. Tetapi tidak semua orang yang memakai kacamata merupakan tanda ia pintar, banyak juga orang yang biasa - biasa saja yang memakai kacamata, karena kacamata bukanlah tanda seseorang itu pintar melainkan karena kebutuhan khusus untuk membantu penglihatan.

Imbasnya anggapan tersebut juga menimpa yang lain. Selain dianggap pintar, kebanyakan orang yang memakai kacamata juga dianggap keren dan juga terlihat lebih menarik, tak hanya sebagai alat bantu penglihatan kacamata juga merupakan aksesoris pelengkap yang dapat membuat penampilan semakin menawan. Karena pada dasarnya orang berkacamata memiliki pesonanya sendiri, namun itu terjadi apabila gaya busana dan wajah mendukung.

Seperti yang sudah saya tekankan sebelumnya, kelima hal tersebut ialah pengalaman saya sehari - hari yang notabene juga miopia, sebenarnya masih banyak lagi seperti penderita miopia tidak bisa daftar jadi atlet, abdi negara, susah saat mengendarai motor ataupun mobil ketika tidak memakai kacamata, apalagi saat malam hari dan masih banyak lagi yang lainnya. Memiliki mata minus sebenarnya tidaklah menyenangkan tapi tak bisa kita menolak takdir apalagi turunan dari lahir.

-Berikut adalah gambaran perbandingan penglihatan seorang miopia-

Hamid Auni

Mahasiswa hukum yang hidup berkelana di tanah perantauan. Tertarik dengan bidang ilmu filsafat, psikologi, sejarah, dan bidang apa saja, kecuali matematika.

Rules Comment :

1. Dilarang Spam
2. Berkomentarlah yang baik
3. Dilarang menggunakan kata komentar dengan kata kasar atau sebagainya
4. Harap untuk tidak menyebarkan link yang membuat spam, rusuh. unsur porno, sara, dan sebangsanya
5. Komentar harus sesuai dengan isi artikel

*Jika ingin bertanya di luar topik, silahkan klik menu Off Topic